Kekhawatiran yang Melumpuhkan

Alkisah, seorang pembuat jam bertanya kepada jam yang sedang dibuatnya, “Hai jam, apakah kamu sanggup berdetak paling tidak 31.104.000 kali selama setahun?” “Hah?” Kata jam terperanjat, “Mana aku sanggup?” “Bagaimana kalau 84.400 kali dalam sehari?” “Dengan jarum yang ramping-ramping seperti ini?” jawab jam penuh keraguan.

“Bagaimana kalau 3.600 kali dala satu jam?” “Banyak sekali itu,”tetap saja jam meragukan kemampuan dirinya. Dengan sabar tukang jam bertanya lagi, “Kalau begitu, sanggupkah engkau berdetak satu kali setiap satu detik?’ “Nah, kalau begitu, aku sanggup!” kata jam dengan penuh antusias. Maka setelah selesai dibuat, jam itu berdetak setiap satu detik. Tanpa terasa, detik demi deti terus berlalu dan jam itu sungguh luar biasa. Ternyata selama satu tahun penuh ia telah berdetak tanpa henti. Itu berarti ia telah berdetak sebanyak 31.104.000 kali.

Kekhawatiran seperti ini juga sering terjadi pada diri kita. Kita sering pesimis dan ragu akan kemampuan kita. Jadi yang diperlukan adalah berbuat walau hanya sedikit. Jangan berkata tidak sebelum kita mencobanya.

Ingat: anda jauh lebih hebat dari apa yang anda pikirkan tentang diri anda sendiri



vedyhia.blogspot.com
ceritainspirasiku.blogspot.com

Comments